top of page
  • Writer's pictureSA

Soal Forum Khusus Audit Formula E 2022, PDIP: Belum Tahu, hingga Kini Semua Tidak Jelas


Anggota Komisi B Bidang Perekonomian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak belum mendapat informasi soal rencana pembentukan forum khusus audit penyelenggaran Formula E 2022 oleh anggota dewan, serta rencana perpanjangan kontrak ajang balap mobil listrik itu hingga 2030.

“Saya belum tahu, mungkin teman-teman mendorong hal tersebut karena hingga kini semua tidak jelas,” kata Gilbert saat dikonfirmasi Tempo, Jumat, 17 Maret 2023.

Gilbert mengatakan hingga saat ini pun belum mendapatkan hasil audit penyelenggaran Formula E 2022.

“Saya belum dikasih hasil audit maupun informasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Vice President (VP) Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syachrial Syarif mengatakan laporan keuangan Formula E sudah selesai diaudit. Hasil audit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Jojo Sunarjo&Rekan itu menunjukkan laba dari Jakarta E-Prix 2022 adalah Rp 5,29 miliar.


"Hasilnya sudah kami serahkan ke Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) dan Inspektorat," kata Syachrial di Gedung DPRD DKI, Selasa, 31 Januari 2023.


Syachrial mengatakan ada perbedaan hasil keuntungan dari penyelenggaraan Formula E 2022 dengan perhitungan sebelumnya. "Memang berbeda dari sebelumnya, kita sampaikan waktu itu Rp 6 miliar koma sekian, sekarang Rp 5,29 setelah audit," ujarnya.


Penyerahan hasil audit itu telah dilakukan pada pekan kedua Januari 2023. Audit itu merupakan review laporan keuangan sebuah perusahaan atau bisnis yang dilakukan secara independen dan objektif.


Tujuannya, memberi kepastian bagi setiap pemangku kepentingan bahwa laporan keuangan yang dibuat sudah akurat, lengkap, dan sejalan dengan standar ketentuan audit.

Formula E 2023 tetap di Ancol.


Vice President Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syachrial Syarif memastikan Formula E Jakarta 2023 digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.


Sampai saat ini untuk 2023 masih di Ancol,” kata Syachrial saat dikonfirmasi Tempo, Jumat, 17 Maret 2023.


Sebelumnya, Ketua Steering Committee (SC) Formula E 2023 Bambang Soesatyo mengungkap kemungkinan Formula E Jakarta 2024 tak akan digelar di sirkuit Ancol, Jakarta Utara. Menurut dia, rencana ini telah dibahas dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Co-founder Formula E, Alberto Longo.


"Pada 2024 kemungkinan besar, tadi kami sudah bicara dengan Alberto dan Gubernur, kita tidak lagi di sirkuit Ancol, tetapi kita street circuit dalam kota," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa lalu.


Menurut dia, balapan mobil listrik akan lebih menarik jika dihelat di jalan raya. Jalanan yang dimaksud belum disepakati, tetapi paling potensial di Jalan Jenderal Sudirman.

Tahun lalu Formula E Jakarta berlangsung di sirkuit Ancol.


Lokasi persisnya berada di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall). Panitia dan Formula E Operation (FEO) memutuskan mobil-mobil listrik itu akan kembali mengaspal di sirkuit Ancol tahun ini. Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan 18 tikungan.


Comments


bottom of page