top of page
  • Writer's pictureGA

Sampah di Jakarta Capai 7.500 Ton Per Hari, PDIP Ungkit Proyek ITF

Updated: Sep 18, 2023



Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali mengatakan Jakarta dipenuhi 7.500 ton sampah per hari. Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Dwi Rio Sambodo menilai Pemprov perlu lebih fokus dan berani dalam melakukan terobosan penanganan sampah di DKI.


"Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas LH harus lebih fokus dan berani melakukan terobosan-terobosan dalam penanganan sampah DKI Jakarta terutama dengan memberikan sosialisasi dan edukasi tentang mengurangi, memilah maupun mengolah sampah,"

kata Rio saat dihubungi, Minggu (19/2/2023).


Rio mengatakan DKI rata-rata memproduksi lebih dari 7 ribu ton sampah per hari. Tidak hanya itu, menurutnya pada Maret 2022 hingga mencapai 7.800 ton per harinya.


"Berdasarkan data yang ada DKI Jakarta rata-rata memproduksi sampah 7.200-7.700 ton setiap harinya, walaupun pada bulan Maret 2022 pernah menyentuh angka maksimal yaitu 7.800 ton dalam satu harinya,"

Ia mengungkit proyek Intermediate Treatment Facilities (ITF) yang merupakan bagian dari masterplan pengelolaan sampah di DKI Jakarta. Menurutnya, fasilitas ini dapat mengurangi ketergantuan DKI pada TPS Bantargebang.


"ITF merupakan bagian dari masterplan pengelolaan sampah Provinsi DKI Jakarta 2012-2032. Fasilitas ini akan dibangun di empat lokasi berbeda, yaitu di Sunter, Marunda, Cakung, dan Duri Kosambi. Keberadaan fasilitas ini dapat mengurangi ketergantungan DKI Jakarta dengan TPST Bantargebang,"

pungkas Rio.


Comments


bottom of page