top of page
  • Writer's pictureGA

Reses Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Soroti UMKM Ujung Menteng

Updated: Sep 18, 2023



Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, dari Fraksi PDI Perjuangan, Dwi Rio Sambodo, mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Mengengah (UMKM) salah satu persoalan besar yang dihadapi oleh masyarakat.


Terkadang, mereka mengalami hambatan bagaimana mendapatkan pemecahan permasalahannya. Adapun masalah yang dihadapi oleh para pengusaha UMKM itu terkendala modal usaha, strategi pemasaran hingga izin lokasi.


"Akibatnya, usaha mereka berjalan stagnan dan tidak mengalami kemajuan yang signifikan," ujar anggota Komisi A DPRD Provinsi DKI Jakarta saat kegiatan Reses di Kelurahan Ujung Menteng, Jakarta Timur, kepada awak media, pada Senin (20/2/2023).


Menurut Rio, berdasarkan laporan yang diterima, salah satu yang dihadapi para pelaku UMKM Ujung Menteng soal perizinan lokasi usaha.


Oleh karenanya, lanjut dia, melalui reses Tahun Anggaran 2023 ini, pihaknya mengundang Suku Dinas pada bidang UMKM Pemprov DKI Jakarta, Camat dan Lurah setempat, selain serap aspirasi soal kebudayaan, sosial dan pertanahan.


"Saya undang dari Suku Dinas UMKM untuk langsung berinteraksi oleh warga. Nanti disiapkan rencana tindak lanjut (RTL)-nya. Kemudian hasil reses seperti ini langsung ada on target kedepannya,"

Terhadap permasalahan ini, Rio juga berharap agar kebijakan Pemkot Jakarta Timur dapat memfasilitasi para pelaku UMKM Ujung Menteng yang terkendala perizinan usaha tersebut.


Sebab menurut dia, Pemprov DKI memiliki taman yang belum direvitalisasi. Ibarat master plain, ada ruang interaksi (taman bermain), tempat olahraga dan UMKM.


"Nah kita integrasikan itu dengan pegiat UMKM Ujung Menteng, sehingga ini sebagai antisipasi kalau tempat (UMKM) akan berubah fungsi bagi perluasan pembangunan jalan, misalnya. Jadi, para pelaku UMKM tidak tersingkirkan,"





Comentarios


bottom of page