top of page
  • Writer's pictureGA

Polusi Udara di Jakarta, Ketua DPRD Minta Pemprov Tiru Pemkot Los Angeles Migrasi ke Mobil Listrik

Updated: Sep 18, 2023



Kualitas udara di Jakarta memburuk, Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga Penasehat Fraksi PDI Perjuangan Prasetio Edi Marsudi menilai pemprov harus secepatnya menyiapkan segala sarana dan fasilitas agar masyarakat mau beralih ke kendaraan listrik.


"Ya makanya kita harus mengikuti program pemerintah ya soal langit biru, bagaimana caranya orang beralih ke mobil listrik," kata Pras kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (19/6/2023).


Pras meminta Pemprov DKI meniru pemerintah Los Angeles (LA) Amerika Serikat dalam menyediakan banyak fasilitas penunjang mobil listrik.


Utamanya dengan memperbanyak tempat pengisian baterai agar warga mau beralih ke kendaraan listrik.


"Pemerintah harus ada disitu, artinya mempermudah soal tempat pengisian. Mobilnya kan gak mahal, tapi tempat pengisiannya mahal kan gak bagus juga. Maka saya kemarin kunjungan kerja ke LA, programnya adalam bagaimana si mensosialisasikan mobil listrik ini terhadap masyarakat," ujar Pras.

Pasalnya, Pras menilai saat ini tempat pengisian baterai untuk mobil listrik masih sangat minim di tempat umum.


Hal itu yang membuat warga enggan beralih dari kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.


"(Pemerintah) wajib mengasih subsidi kepada masyarakat," kata Pras.

Selain itu, Pras meminta Pemprov DKI juga terus meningkatkan kualitas transportasi umum di Jakarta agar warga tertarik beralih dari kendaraan pribadi mereka.


Pras bercerita pengalaman Naik Mobil Listrik Jakarta - Bandung, Baru Sampai Bekasi Sudah Hampir Mogok


Dirinya mengalami pengalaman tak terlupakan saat menjajal mobil listrik.

Hal itu terjadi beberapa waktu silam saat Pras, sapaan karibnya, menaiki mobil listrik dari Jakarta menuju Bandung, Jawa Barat.


Pasalnya, saat kendaraan baru sampai di kawasan Pondok Gede, Bekasi, daya baterai dari mobil listrik itu sudah tersisa 10 persen yang membuatnya nyaris mogok.


"Saya pernah mencoba pakai mobil listrik Jakarta-Bandung sampai Pondok Gede tinggal 10 persen," kata Pras kepada wartawan di DPRD DKI Jakarta, Senin (19/6/2023).


Pras menceritakan pengalamannya itu saat ditanyakan mengenai kondisi udara di Jakarta yang saat ini kian memburuk.


Menurut Pras, salah satu upaya yang harus dilakukan Pemprov DKI Jakarta yakni dengan menyediakan fasilitas tempat pengisian daya mobil listrik agar masyrakat mau beralih ke transportasi yang ramah lingkungan.


"Pemerintah harus siapkan charging charging itu di mana-mana harus ada."


"Di mall ada, di rest area ada, di semua perkantoran wajib disubsidi pemerintah," kata Pras.

Cara itu, ujar Pras, sudah lebih dulu diterapkan oleh pemerintah Los Angeles (LA) Amerika Serikat yang menyediakan banyak fasilitas penunjang untuk mobil listrik.


"Makanya itu sebagai pemerintah di sini harus ada, secepat mungkin jangan berpikiran untung dulu, banyakin dulu (tempat pengisian baterai), orang bakal lari kok ke mobil listrik," lanjut dia.


Selain itu, Pras meminta Pemprov DKI juga terus meningkatkan kualitas transportasi umum di Jakarta agar warga tertarik beralih dari kendaraan pribadi mereka.


Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Polusi Udara di Jakarta, Ketua DPRD Minta Pemprov Tiru Pemkot Los Angeles Migrasi ke Mobil Listrik, https://jakarta.tribunnews.com/2023/06/19/polusi-udara-di-jakarta-ketua-dprd-minta-pemprov-tiru-pemkot-los-angeles-migrasi-ke-mobil-listrik.

dan dengan judul Cerita Ketua DPRD DKI Naik Mobil Listrik Jakarta - Bandung, Baru Sampai Bekasi Sudah Hampir Mogok, https://jakarta.tribunnews.com/2023/06/19/cerita-ketua-dprd-dki-naik-mobil-listrik-jakarta-bandung-baru-sampai-bekasi-sudah-hampir-mogok


Comments


bottom of page