top of page
  • Writer's pictureDA

Polusi Udara, Anggota DPRD Minta Pemprov DKI Intropeksi Soal Emisi Kendaraan Dinas Miliknya


Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Hardiyanto Kenneth meminta Pemprov DKI Jakarta intropeksi terhadap kondisi kendaraan dinas miliknya.


Pasalnya, politikus PDI Perjuangan itu sering melihat kendaraan besar milik sejumlah dinas di jajaran Pemprov DKI Jakarta yang mengeluarkan asap pekat di jalanan.

"Saya kemarin di jalan mobil plat merah Dinas Lingkungan Hidup itu asapnya pak. Truk SDA yang angkut lumpur, Dishub, Satpol PP, mobil lurah, camat, sudah belum bapak tes (uji emisi) itu semua? Harus di tes pak itu pak, karena masalah dari dalam pak," ujar Kenneth saat mencecar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto dalam rapat membahas polusi udara di Komisi D DPRD DKI Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Selain kendaraan dinas, Kenneth juga mempertanyakan apakah keberadaan pengelolaan sampah berbasis Refuse Derived Fuel (RDL) milik Pemprov DKI Jakarta di Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat juga menjadi penyumbang polusi udara yang kini kian tercemar.

"RDF bapak udah cek belum tuh uji emisi sama uji ambien udaranya itu layak ga tuh RDF tuh. Jangan kita semangat tindak bakar sampah kit udah seneng masalah sampah udah selesai muncul masalah baru polusi di RDF ini," tanya Kenneth.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Asep mengakui bahwa memang banyak kendaraan dinas di jajaran LH yang belum melakukan uji KIR.

"Memang harus diakui bahwa kendaraan dinas LH itu banyak yang belum KIR," kata Asep.

Sementara itu, terkait pengecekan di RDF Bantargebang, ia memastikan kualitas udara bisa dikendalikan karena di RDF memiliki alat pemantauan emisi yang diterapkan di sana.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Polusi Udara, Anggota DPRD Minta Pemprov DKI Intropeksi Soal Emisi Kendaraan Dinas Miliknya, https://jakarta.tribunnews.com/2023/08/22/polusi-udara-anggota-dprd-minta-pemprov-dki-intropeksi-soal-emisi-kendaraan-dinas-miliknya.

Comentários


bottom of page