top of page
  • Writer's pictureSA

Politikus PDIP Minta Pemprov DKI Tetap Buat Aturan Meski Sudah Bebas Masker

Anggota Komisi Kesehatan DPRD DKI Jakarta Merry Hotma mengusulkan pemerintah daerah tetap membuat regulasi untuk membina masyarakat seiring pelonggaran regulasi protokol Covid-19 di DKI. Menurut dia, masyarakat harus tetap sadar kesehatan meski kini sudah bebas masker.

"Aturan yang tidak menakut-nakuti. Jadi aturannya lebih kepada pembinaan di tempat publik yang kerumunan banyak seperti Transjakarta yang jarak man-to-man sedikit," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu kepada wartawan pada Kamis 15 Juni 2023.

Selain itu, Merry meminta pemda agar terus memaksimalkan vaksinasi booster bagi warga.

"Nah, tingkat kewaspadaan berikutnya, selain mengimbau, harus mendesak warga untuk segera booster. selain itu pemerintah juga tetap membuka area booster," ujar dia.

Merry menyebut pelonggaran peraturan Covid-19 memiliki dasar kajian medis yang kuat. Ia mengatakan berdasarkan banyak kajian, mutasi virus Covid-19 saat ini sudah tidak seganas pada 2021 hingga 2022 lalu.


Selain itu, Merry mengatakan kelonggaran peraturan Covid-19 itu diharapkan akan memberikan kenyamanan kepada warga. Sehingga, ujar dia, masyarakat akan melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal.

"Nah, sementara, sebenarnya kalo kita kena sekarang dengan mutasi saat ini gejalanya seperti flu. Artinya, kita harus melihat dari sisi warga DKI itu harus nyaman dalam menjalani hidup," ujar dia.

Indonesia resmi mencabut kewajiban penggunaan masker seiring terkendalinya penyebaran virus corona berdasarkan surat edaran Satgas Penanganan Covid-19 pada Jumat 9 Juni 2023 yang ditandatangani Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letnan Jenderal Suharyanto di Jakarta.


Pemerintah menilai penyebaran virus SARS-CoV-2 di dunia dan Indonesia semakin terkendali dan kekebalan masyarakat dianggap sudah tinggi.


Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah segera menetapkan status endemi kepada Covid-19. Presiden Jokowi menyebut pihaknya saat ini tengah mematangkan proses peralihan dari pandemi ke endemi.


"Ya ini dimatangkan lah, seminggu dua minggu ini segera diumumkan karena memang sudah semuanya sudah (landai)," kata dia pada Rabu 14 Juni 2023.


Comments


bottom of page