top of page
  • Writer's pictureSA

Penutupan U-Turn Antasari Diprotes Warga, PDIP Minta DKI Kaji Cara Lain


Warga memprotes dan membongkar penutupan putar balik atau U-turn di Jl Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. PDI Perjuangan DKI meminta Dinas Perhubungan mengkaji cara lain selain penutupan.

"Tolong dikaji baik-baik dulu terkait dampaknya. Kalau ada cara lain bisa dicoba," kata Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Yuke Yurike, saat dihubungi, Kamis (18/5/2023).

Namun, jika penutupan U-turn adalah satu-satunya cara mengatasi kemacetan, Dishub harus mendekati warga yang menolak. Sehingga, ada komunikasi antara warga dengan pemerintah.

"Kalau itu adalah satu-satunya jalan untuk mengurai kemacetan, tinggal Dishub harus mensosialisasikan betul-betul kepada warga," katanya.
Jangan sampai, maksudnya menjadi solusi kemacetan, malah nambah masalah baru," katanya.

Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan itu pun mendorong Dinas Perhubungan untuk menempatkan petugas pengatur lalu lintas selama belum ada keputusan.

"Saya mendorong dinas perhubungan menempatkan petugas untuk mengatur lalu lintas di lokasi tersebut, terutama di jam-jam sibuk," katanya.

Sebelumnya, Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Selatan tetap akan menutup titik putaran balik atau U-turn di Jalan Pangeran Antasari, yang sempat diprotes warga. U-turn akan dipindahkan ke titik lain.


"Kita masih belum bisa memastikan kapan untuk dipindahkan untuk U-turn Antasari," ujar Kepala Sudinhub Jakarta Selatan Bernard Pasaribu di Jakarta, Kamis (18/5/2023).


Aksi protes warga terhadap penutupan U-turn Jalan Pangeran Antasari terjadi pada (31/3). Hingga saat ini, Sudinhub Jaksel masih berupaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat.


"Sosialisasi dilakukan di kantor kita awal bulan Mei yang lalu. Ya kita cari solusi yang terbaiknya, tentunya sambil kita diskusikan dengan stakeholder yang lain," ucapnya.


Sekadar informasi, Jalan Pangeran Antasari Simpang H Naim II dan H Naim III masuk dalam daftar 27 U-turn yang ditutup. Diketahui, total ada 27 titik U-turn yang bakal ditutup oleh Dishub DKI demi mengurangi kemacetan di Ibu Kota. Sejauh ini, total ada 14 U-turn yang telah ditutup.


"Jadi U-turn sudah ada 14 yang ditutup dan akan diberlakukan SSA (sistem satu arah) pada tujuh ruas jalan," kata Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/3).


Artikel ini sudah naik di detik News dengan link https://news.detik.com/berita/d-6727350/penutupan-u-turn-antasari-diprotes-warga-pdip-minta-dki-kaji-cara-lain.




2 views0 comments
bottom of page