top of page
  • Writer's pictureGA

PDI Perjuangan Sesalkan Anies Baswedan Tak Rawat Fasilitas Umum dan Ubah Nama RPTRA

Updated: Sep 18, 2023




Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta menyesalkan langkah Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI periode 2017-2022, yang mengubah nama Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) menjadi Taman Maju Bersama.


Meski RPTRA merupakan warisan Gubernur sebelumnya yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, harusnya Anies Baswedan tetap mempertahankan nama dan merawat fasilitas umum tersebut.


Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, RPTRA merupakan satu-satunya tempat yang tidak membedakan status sosial ataupun latar belakang masyarakat.


Kalangan masyarakat ekonomi tinggi maupun rendah, bisa mengunjungi fasilitas umum tersebut sehingga berbeda dengan mal yang cenderung melihat strata sosial.


“Di ruang publik seperti RPTRA semuanya sama, sayang namanya diubah Anies tapi terlantar. Sudah waktunya RPTRA menjadi ruang publik semua orang, seperti di kota negara maju,” ujar Gilbert pada Sabtu (15/4/2023).

Gilbert yakin, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mampu menyelesaikan persoalan ini yang diwariskan Anies.


Apalagi Heru sudah berjanji akan merawat RPTRA yang terbekengkalai salah satunya RPTRA Kalijodo.


“Pasti bisa diperbaiki, yang paling sulit kan membebaskan itu (banyak kepentingan di RPTRA) dulu, sudah bebas siapa lagi yang mau ganggu?,” katanya.


“Sudah ada aturan, Anies saja yang tidak ada keinginan membuat masyarakat membaur, karena itu peningalan Gubernur sebelum dia (Ahok),” lanjut anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta memastikan perbaikan RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara akan segera dilakukan.


Upaya itu dilakukan untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat sekitar yang menikmati fasilitas sosial dan fasilitas umum milik pemerintah daerah.


Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah memerintahkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI untuk melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas yang rusak.


Hal itu disampaikan Heru usai meninjau RPTRA Kalijodo pada Sabtu (8/4/2023).

Untuk menarik pengunjung, Heru juga meminta agar diadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial. Sebagai contoh ajang kejuaraan sepeda BMX dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta Juni mendatang. “Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirin,” kata Heru pada Sabtu (8/4/2023).

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul PDIP Sesalkan Anies Baswedan Tak Rawat Fasilitas Umum dan Ubah Nama RPTRA, https://wartakota.tribunnews.com/2023/04/15/pdip-sesalkan-anies-baswedan-tak-rawat-fasilitas-umum-dan-ubah-nama-rptra

Commenti


bottom of page