top of page

Panitia Kaji Formula E 2024 di Jalanan, PDIP: Jangan Rusak Cagar Budaya


Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Dwi Rio Sambodo menyoroti Formula E 2024 yang diwacanakan tak lagi digelar di Sirkuit Ancol. Rio meminta gelaran Formula E tidak menggunakan APBD DKI.

"Silahkan saja Formula E digelar asal tidak menggunakan APBD DKI Jakarta," kata Rio saat dihubungi, Selasa (14/3/2023).

Rio mengatakan fraksinya telah memberi catatan terkait pelaksanaan Formula E tahun lalu. Sebab menurutnya pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan APBD.

"Tahun lalu Fraksi PDI Perjuangan memberikan catatan Kritis yang Berujung Interpelasi karena penggunaan APBD hingga 560 M," tuturnya.

Pelaksanaan Formula E 2024 ini disebut-sebut akan dilakukan di street circuit dalam kota. Terkait hal itu, Rio mengingatkan agar tidak merusak cagar budaya dan situs sejarah di Jakarta.

"Silahkan saja menggunakan sirkuit dalam kota, tapi jangan sampai merusak cagar budaya ataupun situs-situs sejarah Jakarta," ujar Rio.
"Jika Jakpro tetap ditunjuk sebagai penyelenggara maka kewajiban Jakpro untuk secara profesional mengelolanya sehingga mampu menjaga nama baik Jakarta maupun Indonesia," sambungnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang juga Ketua Steering Committee (SC) Formula E tahun ini, bicara soal kemungkinan Formula E tahun 2024 tak digelar di Sirkuit Ancol. Bamsoet menyebut Formula E 2024 diwacanakan digelar di street circuit dalam kota.


"2024 kita kemungkinan besar tadi kita sudah bicara dengan Alberto maupun Pak Gubernur, kita tidak lagi di sirkuit Ancol, tetapi kita street circuit dalam kota. Nah ini lebih menarik," kata Bamsoet kepada wartawan, Selasa (14/3/2023).


Bamsoet mengatakan, jika negosiasi penyelenggaraan Formula E di street circuit dalam kota itu cocok, akan dikontrak hingga 2030. Namun dia mengaku tengah fokus untuk penyelenggaraan Formula E tahun 2023.


"Nanti kalau negosiasinya juga oke, kita akan kontrak sampai tahun 2030. Tapi itu nanti kita bicarakan, sekarang sampai 2024 yang sudah ada kontrak," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Organizing Committee (OC) Formula E tahun ini, Ananda Mikola, mengatakan rute untuk street circuit dalam kota tahun 2024 masih dikaji. Dia menyebut salah satu rute lokasi yang berpotensial adalah kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.


"Sudirman atau ya mungkin depan Balai Kota," kata Ananda.


artikel ini sudah naik di detik dengan link https://news.detik.com/berita/d-6619587/panitia-kaji-formula-e-2024-di-jalanan-pdip-jangan-rusak-cagar-budaya


bottom of page