top of page
  • Writer's pictureSA

Legislator Minta DKI Tambah Jalur Sepeda


Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta August Hamonangan meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menambah jalur sepeda untuk sebagai wujud peduli lingkungan di Jakarta.


"Sebaiknya ada penambahan lajur sepeda yang lebih baik, berkualitas dengan mengutamakan aspek peduli lingkungan, bila perlu dibarengi penghijauan," kata August saat dikonIrmasi di Jakarta, Senin.


August menegaskan, penambahan jalur sepeda sudah semestinya dapat terus dilakukan dan berkoordinasi dengan kelompok pengguna sepeda.


"Kebijakan penghentian jalur sepeda harus menampung aspirasi semua pihak khususnya masyarakat pemakai sepeda, baik secara organisasi maupun kalangan perorangan," katanya.


Dia juga menyoroti pencabutan kerucut pembatas jalan (traKc cone) rusak harus diperhatikan lantaran penggantiannya dengan menggunakan paku jalan yang bisa memantulkan cahaya (mata kucing) dikhawatirkan memboroskan anggaran.


"Jangan sampai terkesan Dinas Perhubungan DKI selama ini buang-buang anggaran karena pemakaian cone kurang efektif," tegasnya.


Anggota DPRD DKI lainnya, Yuke Yurike menilai Pemerintah Provinsi DKI perlu mengkaji kembali keefektifan pemasangan mata kucing di lajur jalan.

"Menurut aku ya tinggal kita lihat aja efektivitasnya mata kucing seperti apa, tapi kalau misal dari sisi penggunaan lebih Oeksibel," kata Yuke.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta memfokuskan alokasi anggaran untuk lajur sepeda pada 2023 sebesar Rp7,5 miliar untuk pemeliharaan lajur yang sudah ada.


"Tahun ini kami mengedepankan perawatan dan pemeliharaan lajur sepeda yang sudah terbangun (existing) sehingga kondisinya tetap baik dan aspek keselamatan pesepeda terjaga," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Kamis.


Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan total jaringan jalur sepeda di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang telah terbangun selama 2012 hingga 2023 memiliki panjang 313,607 kilometer.


Pembangunan jalur sepeda telah diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penyediaan Lajur Sepeda.


Commenti


bottom of page