top of page
  • Writer's pictureSA

Heru Budi Rombak Direksi JakLingko, Legislator Ungkit Keluhan Layanan


Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merombak direksi dari JakLingko. Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Gilbert Simanjuntak mengungkit keraguan atas direksi JakLingko lama yang kini dirombak oleh Heru Budi.

"Sejak awal, kita ragu dengan JakLingko. Komisi B minta dievaluasi setelah 6 bulan. Ini sudah lebih dari 6 bulan," kata Gilbert saat dihubungi, Jumat (10/3/2022).
"Seiring waktu, kita melihat banyak hal tidak sesuai harapan," sambung Gilbert.

Gilbert menyoroti sejumlah hal dari JakLingko. Salah satu yang paling utama adalah keluhan masyarakat.

"Keluhan masyarakat sejak awal soal pelayanan. Selengkapnya kita ikuti di media," ujar Gilbert.

Menurut Gilbert, pelayanan yang dikeluhkan adalah soal ticketing JakLingko. Dia menyebut pernah ada peristiwa tiket penumpang TransJakarta terpotong dua kali karena kebijakan tap-in dan tap-out.

"Saat minta persetujuan dari DPRD Komisi B, sedikit pun tidak digambarkan apa kemungkinan masalah," ucap Gilbert.

Heru Budi Hartono sebelumnya merombak jajaran direksi PT Jakarta Lingko Indonesia (JakLingko). Direktur Utama JakLingko Indonesia Mohammad Kamaluddin dicopot dari jabatannya.


Perombakan jajaran direksi dan komisaris berdasarkan keputusan para pemegang saham (KPPS) di luar rapat umum pemegang saham (RUPS) per 6 Maret 2023.


Keputusan para pemegang saham di luar rapat umum pemegang saham PT Jakarta Lingko Indonesia sebagaimana diawali usulan tertulis dan disetujui seluruh pemegang saham," kata Corporate Secretary and Legal Division Head PT JakLingko Indonesia Kevin Haikal dalam keterangannya, Jumat (10/3/2023).


Kamaluddin digantikan oleh Mega Tarigan, yang sebelumnya menjabat Railway Operation Division Head PT MRT Jakarta. Mega bergabung dengan PT MRT Jakarta sejak Oktober 2009.


"Mega Tarigan bukan sosok baru di transportasi," ucapnya.


Jajaran direksi lainnya yang dicopot adalah Direktur Keuangan Mohammad Hanief Arie Setianto serta Direktur Teknik Endro Rahardjo. Heru Budi mengangkat Group Head of Finance PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) sebagai Direktur PT JakLingko Indonesia baru.


"Fajar juga sebelumnya tercatat sebagai Head of Accounting and Financial Control PT MRT Jakarta (Perseroda) periode 2015-2020," ujarnya.



bottom of page