top of page
  • Writer's pictureDA

Biar Nggak Dicaplok Mafia Tanah SKPD DKI Kudu Lebih Gercep Amankan Aset


Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta mesti gerak cepat (gercep) mensertipikasi aset. Langkah itu harus dilakukan untuk mencegah penyalagunaan dan aset hilang dicaplok mafia tanah.


Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mengingatkan, mensertipikasi aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sangat penting. Sehingga, semua aset milik DKI tercatat dengan baik.


“Sertipikasi aset sekaligus me­nyelesaikan tumpang tindih peta aset milik DKI dengan warga,”

Karena pentingnya pendataan dan sertipikasi aset, lanjut Rio, sejak 2018 DPRD DKI Jakarta telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Aset Pemprov DKI Jakarta. Langkah ini diambil karena pencatatan aset oleh Pemprov DKI masih lemah.


Rio menuturkan, selain untuk menjaga aset, kepastian kepemi­likan aset Pemprov dibutuhkan sebagai dasar alokasi penyusunan kerangka pembangunan.

Dia mengusulkan, agar Pem­prov DKI memberlakukan re­ward dan punishment kepada perangkat Pemprov maupun SKPD dalam menjalankan Program Sertipikasi Aset yang tengah gencar dijalankan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.


Rio meminta, jajaran Pemprov DKI meningkatkan sinergisitas dengan Badan Pertanahan Na­sional (BPN) di dalam menga­mankan aset.


Untuk diketahui, belum lama ini, tepatnya Jumat (19/5) Pem­prov DKI Jakarta dan Kemen­terian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penan­datanganan Nota Kesepakatan tentang Sinergi Pelaksanaan Pendaftaran Tanah, Asistensi Pencegahan dan Penanganan Permasalahan Tanah Aset Pem­prov DKI Jakarta.


Penandatanganan nota kesepakatan itu dilakukan langsung oleh Pj Gubernur Heru dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Bersamaan dengan acara ini, Hadi menyerahkan 162 sertipikat aset Pemprov DKI yang telah disertipikasi.

Artikel ini telah tayang di rm.id dengan judul Biar Nggak Dicaplok Mafia Tanah Kudu lebih Gercep Amankan Aset https://rm.id/baca-berita/megapolitan/176682/biar-nggak-dicaplok-mafia-tanah-skpd-dki-kudu-lebih-gercep-amankan-aset/2

bottom of page